Rabu, 18 Januari 2012

Cerita-Cerita dari Pemutaran Film A Separation dan Ultah ke-1 LayarKita di Museum KAA

\
Bandung. Selasa, 10 Januari 2012. Mungkin rintik-rintik hujan siang itu akan cocok melatari adegan perpisahan mengharukan. Awalnya mereka seringan debu – terbang bebas ditiup angin. Namun lama-lama turun semakin deras. Seperti isakan yang menjadi tangis tak terbendung. Sebuah taksi menepi ke trotoar depan Museum KAA. Seorang pemuda bertubuh besar turun menyandang tas, menggenggam payung, dan mendekap kotak putih besar. Bram! Langkahnya kecil dan berhati-hati. Perasaan muram berganti hangat seiring datangnya kesadaran bahwa kotak yang dibawa Bram berisi kue ulang tahun!

“Saya yakin, di dalam kehidupan orang baik nggak akan selalu berbuat baik,” ujar Bang Tobing jelang pemutaran film Iran berjudul A Separation. “Begitu juga dengan orang jahat. Mereka nggak akan setiap hari berbuat jahat. Kadang-kadang situasi membuat orang baik berbuat jahat, begitupun sebaliknya.”

A Separation menjadi film pertama yang diputar LayarKita di Museum Konperensi Asia Afrika pada tahun 2012. Pukul setengah dua kurang beberapa menit, kursi-kursi merah di ruang audiovisual mulai dipadati penonton. Di meja samping, aneka penganan berderet menunggu untuk disantap. Di hadapan penonton, Sandi Muliawarman, seorang mahasiswa yang sedang praktik kerja lapangan, memastikan segenap peralatan terpasang sebagaimana mestinya.

Sandi pun mematikan lampu setelah menerima sandi dari Bang Tobing. Cerita A Separation bermula dari sebuah ruangan terang. Di sana duduk sepasang suami istri, menatap lurus ke kamera seakan berbicara langsung kepada penonton. Si suami (Nader) bercambang, sementara rambut merah istrinya (Simin) menyembul dari balik kerudungnya. Kepada seorang laki-laki yang tak tampak di layar, Simin menjelaskan keinginannya untuk bercerai. Alasannya, ia ingin anak mereka tumbuh dalam kondisi lebih baik. Simin tidak menjelaskan lebih baik dalam hal apa, tetapi itu berarti keluarga mereka harus segera keluar dari Iran. Nader keberatan dengan rencana itu. Ia tidak bisa begitu saja meninggalkan ayahnya yang pengidap Alzheimer. “Ia bahkan sudah tak mengingatmu lagi,” potong Simin. “Aku masih mengingatnya,” sahut Nader tanpa melirik istrinya. Lambat laun penonton mengerti di mana latar percakapan yang mungkin telah berlangsung puluhan kali ini: pengadilan agama. Hakim yang mereka hadapi akhirnya menolak mengabulkan permohonan Simin karena merasa alasan perceraian mereka kurang kuat.

Selanjutnya latar berpindah ke tempat tinggal Nader dan Simin. Secara tersirat, keduanya merupakan bagian dari kelas menengah di Iran. Apartemen mereka luas dan nyaman. Ada sebuah ruangan yang dindingnya penuh buku. Di sana tinggal juga Termeh, putri mereka yang beranjak remaja, serta ayah Nader yang bernapas dibantu selang oksigen. Kepergian Simin membuat Nader harus menggaji seorang pembantu untuk membersihkan rumah dan menjaga ayahnya. Datanglah Razieh bersama putrinya yang masih anak-anak. Razieh adalah seorang muslimin taat, ia memasang jilbabnya rapat-rapat dan mengenakan pakaian longgar yang menyamarkan tubuhnya. Ketika ayah Nader buang air, Razieh sempat mempertanyakan apakah membersihkan tubuh laki-laki yang bukan muhrim itu dosa atau tidak. Tidak perlu waktu lama sebelum Razieh menyadari betapa beratnya tugas yang ia emban.

Pada suatu siang, Nader dan Termeh menemukan apartemen mereka dalam keadaan terkunci. Seharusnya Razieh sedang bekerja di dalam. Nader mendobrak pintu dan menemukan ayahnya jatuh dari tempat tidur. Tangannya dalam keadaan terikat ke dipan. Nader pun naik darah. Begitu Razieh datang, ia mengusirnya tanpa berusaha mendapat penjelasan. Nader menganggap Razieh lalai, tetapi Razieh tidak terima jika hari itu mesti pergi tanpa dibayar. Ia merasa sudah bekerja sebagaimana mestinya. Kesabaran Nader berada pada titik nadir. Ia lalu menuduh Razieh mencuri dan mendorong wanita itu keluar dari tempat tinggalnya. Razieh terjatuh. Kabar yang kemudian diterima Nader adalah Razieh masuk rumah sakit karena keguguran. Razieh dan suaminya lantas melaporkan Nader ke polisi, menuduhnya telah merenggut nyawa anak mereka. Pada proses pemeriksaan Nader, setiap orang yang terlibat dalam perkara ini diuji seberapa besar mereka meyakini kebenarannya masing-masing.


Kebenaran ... apa itu kebenaran? Kamus Besar Bahasa Indonesia menawarkan beberapa definisi. Pertama, kebenaran adalah keadaan yang cocok dengan keadaan yang sesungguhnya. Kedua, kebenaran adalah sesuatu yang sungguh-sungguh ada. Definisi yang lain mencantumkan kebenaran sebagai kebetulan.

Pada umumnya, pertanyaan mengenai apa itu kebenaran akan berujung pada pertanyaan apa makna kehidupan: Bagaimana seharusnya hidup dijalankan? Adakah ukuran yang menentukan bahwa kehidupan seseorang bermakna atau tidak? Sebagian besar orang tidak bunuh diri karena meyakini hidupnya bermakna. Namun, apa maknanya? Apa manusia menghargai hidup semata-mata karena tidak bisa menghidupkan apa yang mati? Pertanyaan-pertanyaan itu sulit dijawab sehingga manusia pun memunculkan ide-ide. Barangkali salah satu ide paling sederhana menyebutkan bahwa hidup yang bermakna adalah hidup yang berlangsung selama mungkin. Dari masa ke masa, manusia lantas berupaya untuk tetap bertahan hidup dengan cara yang terus berubah. Saat ini manusia mengenal uang. Demi bisa makan, seseorang mesti bekerja supaya memiliki uang untuk membeli makanan. Namun, apakah kehidupan akan lenyap tanpa adanya uang? Manusia pun mengenal agama. Sebagian besar agama mengajarkan bahwa Tuhan MahaAdil. Bahwa kebaikan akan dibalas kebaikan, sebagaimana kejahatan akan dibalas kejahatan. Namun, apakah memang begitu? Mungkin tugas terberat kepolisian dan pengadilan adalah menjaga agar ide itu tetap hidup.

Lamunan itulah yang muncul ketika menyaksikan A Separation. Baik Nader, Simin, maupun Razieh memiliki cara berbeda dalam memaknai kehidupannya. Perbedaan itulah yang menyebabkan mereka bertindak dengan cara berbeda, serta membuat ketiganya berada dalam posisi berseberangan. Sama seperti kebanyakan orang, kadang-kadang untuk membuktikan diri paling benar, masing-masing mengiris sepotong fakta dan menyajikannya sebagai kebenaran utuh. Pada akhirnya para penonton pun sulit untuk hanya bersimpati kepada satu orang saja. Pak Deddy Mulyana menyatakan film ini tokohnya terbatas, tetapi berhasil memberikan gambaran tentang semua. Sementara itu, Bisma kagum akan kelengkapan di pengadilan syariah di Iran, di mana setiap saksi betul-betul didengarkan kesaksiannya. Bu Ida tersentuh dengan akhir film, begitupun dengan Arifin. Menurut pemuda ini, A Separation memiliki pelintiran alur yang sangat berkesan. Sama seperti Brea dan Harry, ia menyukai bagaimana pada akhirnya sang sutradara tidak menghakimi karakter-karakter dalam film ini.

A Separation diproduksi pascapemilihan umum di Iran yang berakhir ricuh pada tahun 2009. Puluhan orang meninggal serta ratusan cedera dan dipenjara akibat melakukan protes terhadap hasil pemilihan umum. Namun, gambaran tersebut tidak muncul dalam film ini. Pemerintah Iran sangat ketat dalam menerapkan sensor. Iran adalah negara di mana pengacara ditahan karena membela klien mereka, fotografer ditangkap karena mengambil foto, dan sutradara dipenjara karena membuat film. Namun ini tidak menghalangi sineas Iran untuk tetap berkarya, sekalipun dalam pengasingan. Menurut Bang Tobing, perfilman Iran saat ini justru melesat dibandingkan kebanyakan negara Asia lainnya.

Sutradara A Separation, Asghar Farhadi, menolak anggapan bahwa sensor justru membuat sutradara semakin kreatif. Kepada harian Inggris, The Guardian, ia berkata, “Jangan keliru. Saya membuat film dengan gaya seperti ini bukan karena batasan-batasan, Tidak ada keistimewaan yang diperoleh dari pembatasan. Saya tidak setuju dengan orang yang mengatakan bahwa pembatasan membuat kita lebih kreatif. Slogan itu melenceng. Bisa jadi saya dapat lebih kreatif lagi tanpa batasan.”

Ulang Tahun
Ada suatu masa di mana Bang Tobing dan kawan-kawan merayakan ulang tahun komunitas menonton film mereka dengan amat meriah. Di sebuah ruangan besar, penampilan trio musisi membuka perayaan tersebut. Para pengunjung datang berbondong-bondong. Di hadapan mereka berderet buku-buku serta aneka poster film yang dibagikan cuma-cuma. Sejumlah narasumber diundang menjadi penghangat diskusi yang lantas digelar. Saat perayaan mesti berakhir, para hadirin pulang dengan perut kenyang dan senyum yang menyiratkan kepuasan.

Berganti tahun, berganti pula cerita. Menggantikan kemeriahan besar di sebuah tempat, perayaan ulang tahun ke-1 LayarKita berlangsung sederhana di empat lokasi: DKV Itenas, Museum Konperensi Asia Afrika, Radio Maestro, serta CCF. Kali ini tidak ada limpahan doorprize atau ingar-bingar musik. Cukup pemutaran film dan diskusi – dua hal yang menjadi alasan saya dan teman-teman setia mengikuti kegiatan LayarKita. Kalaupun muncul kue cokelat di keempat lokasi mitra LayarKita, maka kue itu menjadi kejutan menyenangkan.

Saya ingat pertama kali menonton film bersama MYCinema. Ketika itu film yang diputar adalah Milk-nya Gus Van Sant. Mereka bermarkas di GKI Maulana Yusup. Dulu inilah komunitas menonton yang digerakkan oleh Bang Tobing, dkk. Milk diputar berkat kerjasama MYCinema dan Qmunity. Meskipun sering juga mendapatkan jadwal pemutaran film, saya sempat lama tidak menonton di sana. Sampai pada suatu Senin, MYCinema memutar Dekalog-nya Kieslowski, film berseri yang berisi interpretasi bebas tentang Sepuluh Perintah Tuhan. Diskusi Dekalog selalu didampingi narasumber. Dekalog pertama yang saya saksikan adalah episode keduanya. Diskusinya didampingi Trisno S. Sutanto yang menjelaskan film dengan baik sekali. Biasanya dalam diskusi apapun saya tak pernah berani mengemukakan pendapat. Namun ketika itu jantung saya berdegup kencang. Ada hal yang ingin saya ungkapkan, dan saya tahu tidak akan bisa tenang sebelum mengungkapkannya. Sejak itu saya rutin menghadiri pemutaran film yang digerakkan Bang Tobing dan kawan-kawan. Ketika pada 1 Januari 2011 mereka mendirikan LayarKita, saya pun mengikuti mereka.

Saat ini semakin mudah mendapatkan film dari berbagai belahan dunia; film-film dengan bahasa yang tidak kenal. Menonton film pun menjadi sebuah kegiatan yang dilakukan sendirian. Kadang-kadang ketika menonton film sendirian, di tengah film saya sering bingung dan tak tahu harus bertanya kepada siapa. Di sisi lain, menonton film bersama komunitas mengajak saya melihat sebuah film sambil menerima pandangan orang lain terhadap film tersebut. Sehingga akhirnya saya mendapat tidak hanya apa yang saya lihat saja, tetapi juga apa yang orang lain lihat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar